Aturan mengenai standar emisi Euro4 itu akan diterapkan pada 2022, berbagai pabrikan kendaraan komersial di Indonesia telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut aturan tersebut, termasuk PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Bahkan, dalam fase menuju Euro4 ini, berbagai pengembangan telah dilakukan jenama asal Jepang tersebut.
"Berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia. Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan," jelas Masato Uchida, President Director PT HMSI.
Di Indonesia sendiri, Hino memperkenalkan teknologi mesin common rail sejak 2012. Saat ini beberapa model truk dan bus Hino yang bermesin common rail sudah menjadi andalan, seperti Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo dan Hino bus RN 285.
Kendaraan-kendaraan ini sudah menggunakan sistem akumulator tekanan bahan bakar yang disebut common rail, yaitu bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar oleh injektor yang dikontrol secara elektronik.
Kerja injector menentukan jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur oleh komputer mesin atau ECU. Sehingga kombinasi inilah yang digunakan meningkatkan kerja mesin diesel sekarang ini. Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol emisi dan konsumsi bahan bakar dan tenaga yang lebih baik.
Dengan kata lain, mesin dengan teknologi common rail dapat memberikan lebih banyak tenaga ke kendaraan dan mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar serta menghasilkan lebih sedikit emisi untuk itu mesin Common Rail menjadi lebih irit.
Keunggulan